Anak Kurang PD, Bagaimana Meningkat Rasa Percaya Mereka

Sebagai orang tua tentu bangga memiliki buah hati pemberani, padahal setiap anak pasti memiliki karakter kepribadian berbeda. Tampak sebagai pemberani atau juga pemalu, semua itu tergantung dari pembawaan masing-masing anak. Sebagai orang tua tentunya ingin mereka bisa bersosialisasi secara baik di sekolah maupun di lingkungan sosial. Nah, disini fungsi kita sebagai orang tua belajar meningkatkan rasa percaya diri anak. Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel berikut ini.

anak pemalu dan kurang percaya diri

Meningkatkan Rasa Percaya anak

Berikan anak kebebasan berkreasi & menghargai dengan pujian

Ayah bunda, membiarkan anak supaya terus menekuni hobinya bisa meningkatkan keberaniannya agar diperlihatkan kepada orang lain. Caranya, yaitu ayah bunda memberikan pujian pada anak. Pujian tersebut dapat berupa tepuk tangan atau ucapan kekaguman, seperti mencoret-coret kertas seperti menggambar sederhana. Kegiatan itu harus didukung kemudian berikan reward agar anak tambah meningkat rasa percaya dirinya.

Jangan paksa anak dengan kehendak kita

Ayah bunda, memaksakan kehendak pada anak bisa mematahkan semangatnya, karena ayah bunda membatasi cara berpikir anak. Sehingga anak secara terpaksa menuruti semua permintaan ayah bunda minta darinya. Jangan lakukan itu ayah bunda, karena bisa berakibat buruk bagi perkembangan anak. Misalnya, ayah bunda memaksa anak biar mengikuti les renang supaya menjadi atlet, namun anak tidak tertarik dibidang olahraga.

Jangan membandingkan pilihan anak dan kesuksesan

Membandingkan keberhasilan anak kerap terjadi pada orang tua. Hal ini perlu diperhatikan karena taraf perkembangan anak berbeda. Untuk itu, ayah bunda jangan membanding-bandingkan anak dengan temannya. Kalau ayah bunda membandingkan anak maka ia pun akan merasa dirinya disalahkan. Perlu digaris bawahi ketika ayah bunda marah jangan sampai berteriak. Kejadian tersebut bisa membuatnya tambah merasa bersalah.

Nah, itulah tadi beberapa trik mengasuh anak supaya meningkatkan rasa percaya dirinya yang bisa kita terapkan. Sebenarnya masih ada banyak poin lainnya yang bisa kita gunakan, semoga informasi bermanfaat.

Komentar