Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Jangan Dipaksa

Tanda-tanda anak susah makan diantaranya, hanya suka beberapa jenis makanan & mereka malah memainkan sajian yang kita berikan. Jika salah satu atau kedua hal tersebut nampak, maka kita sebagai orang tua mesti tanggap & jangan panik.

anak susah makan

Hindari Rasa risau anak kurang asupan gizi hingga ambil jalur cepat dengan mencekoki vitamin anak, karena jika anak-anak sudah cukup mengerti mana yang terbaik dia akan makan dengan sendirinya. Memang cukup lama untuk membuat mereka paham, sambil menunggu sebaiknya kita terapkan cara-cara dibawah ini :

Hargai selera makan anak-anak

Percayalah, anak-anak itu punya insting bertahan yang kuat. Anak akan makan kalau merasa lapar, Jadi ketika anak kenyang, jangan pernah paksa mereka atau mengingatkan dia untuk rajin makan untuk makan dalam porsi banyak atau meski menawarkan mereka camilan. Tidak benar memaksa mereka untuk menghabiskan seluruh apa yang ada di piring terlebih jika porsi tersebut kita yang atur, atau memaksa mereka untuk santap makanan tertentu yang mereka tidak suka. Jika hal tersebut kita lakukan hanya bikin anak stres, mereka akan berpikir bawah makan sama dengan cemas & frustasi. Sebaiknya biarkan mereka ambil porsi makan sendiri dan boleh tawarkan untuk tambah porsinya kalau sudah mau habis.

Tetap rutin

Dengan menciptakan pola makan teratur, membuat anak semakin mengerti sehingga perlahan bisa mengatasi masalah susah makan. Sajikan menu utama dan camilan secara bersama, jadi mereka tetap bisa pilih mana yang mereka sukai. Segelas susu segar atau satu mug jus buah saat bisa jadi opsi, tapi sebaiknya jangan mengonsumsi keduanya di sela waktu makan karena keduanya cukup membuat anak cepat kenyang.

Mengenalkan makanan baru

Ini tantangan orang tua selanjutnya, supaya anak terbiasa mengkonsumsi dan kenal dengan makanan baru. Biarkan mereka mencoba walau satu gigitan saja, tetapi jangan sampai lupa sajikan juga makanan yang biasa mereka santap. Dengan begitu kita bisa antisipasi kalau mereka tidak suka dengan makanan baru yang kita sediakan.

Biarkan anak-anak memilih makanan

Kalau pas belanja makanan entah supermarket, warung atau minimarket, ajak mereka & biarkan anak-anak membantu kita dalam memilih makanan misalnya buah, sayuran dan lainnya. Saat tiba di dapur, libatkan mereka dalam proses menyiapkan misalnya yang gampang suruh mereka pisah antara bumbu, sayur juga buah. Selain bahan belajar dan mengenal bahan-bahan makanan nantinya mereka lebih antusias mencoba hasil jerih payah mereka sendiri atau kita bisa sedikit mengoda mereka "wah ini tadi makanan yang kakak buat, pake sayur pasti enak nih".

Demikian beberapa cara mengatasi anak susah makan yang dapat kita coba di rumah, semoga tipsnya bermanfaat.

Komentar